Informasi bagi Prodi ITB yang akan mengajukan akreditasi / re-akreditasi BAN-PT

Sesuai Pasal 33 ayat (3) dan Pasal 60 ayat (4) UU Dikti, setiap program studi wajib mengajukan akreditasi ulang pada saat masa berlaku status dan peringkat terakreditasi berakhir. Hal ini merupakan aspek yang penting dan tidak boleh terlewatkan, karena Pasal 42 ayat (1) UU Dikti menegaskan bahwa hanya program studi terakreditasi yang berhak menerbitkan ijazah bagi lulusannya.

Selanjutnya, sesuai Peraturan BAN-PT No 4 tahun 2017 tentang Instrumen Akreditasi serta Panduan Penggunaan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) ver. 01, maka proses pengelolaan dokumen akreditasi Perguruan Tinggi maupun Program Studi dilaksanakan melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO). Submisi dokumen akreditasi pada SAPTO untuk seluruh Program Studi di ITB dilaksanakan melalui satu pintu, yaitu oleh SPM ITB.

Karena itu, untuk dapat memelihara maupun meningkatkan peringkat akreditasi Prodi, serta melindungi kepentingan mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Prodi tersebut, maka setiap Fakultas/Sekolah dan Prodi di ITB terkait sebaiknya memahami jalur manajemen pengajuan akreditasi BAN-PT oleh SPM-ITB. Silakan mengikuti informasi pada tautan berikut ini:

  1. Proses Bisnis Penyusunan Dokumen Akreditasi BAN-PT
  2. Proses Bisnis Evaluasi Dokumen Akreditasi BAN-PT
  3. Nilai, Peringkat dan Tindakan pada Evaluasi Dokumen Akreditasi
  4. Dokumen yang harus disusun Prodi dan diserahkan ke SPM ITB untuk diproses dan dikirim ke BAN-PT
  5. Dokumen yang Harus disiapkan Prodi pada saat Visitasi BAN-PT
Satuan Penjaminan Mutu