D.Promosi dan Branding
D.1.Education exhibitions (QS/THE) and Double Degree Initiative
Dalam rangka meningkatkan visibilitas dan reputasi global, serta menjalin kemitraan strategis dengan institusi pendidikan tinggi dan pemangku kepentingan internasional, ITBΒ akan berpartisipasi sebagai exhibitor dan sponsor dalam kegiatan QS Asia Summit dan THE World Academic Forum. Kegiatan ini merupakan forum prestisius yang mempertemukan para pimpinan perguruan tinggi, pakar pendidikan, dan mitra strategis dari seluruh Asia dan dunia.
Selain itu, ada pula Global Sustainable Development Congress (GSDC) yang diselenggarakan oleh THE mempertemukan pemimpin dunia, pembuat kebijakan, dan akademisi untuk membangun aliansi lintas sektor demi masa depan yang berkelanjutan. Kongres ini memfasilitasi kolaborasi antara perguruan tinggi, pemerintah, industri, dan masyarakat sipil dalam isu-isu seperti: kesehatan dan Pendidikan, pengentasan kemiskinan dan ketimpangan, energi bersih, kota berkelanjutan, kecerdasan buatan, kesetaraan gender, dan perlindungan lingkungan.
Partisipasi ITB dalam bentuk pameran dan sponsorship menjadi wadah untuk memperkenalkan keunggulan akademik, riset, dan inisiatif internasionalisasi ITB kepada audiens global, yang salah satunya ditujukan bagi peningkatan inisiasi program double degree antara ITB dengan universitas mitra kelas dunia.
D.2.Organizing internasional conference
ITB secara progresif berupaya mewujudkan visi untuk menjadi universitas kelas dunia (World Class University/WCU) yang diakui secara global. Pencapaian status WCU tidak hanya didasarkan pada kualitas pengajaran dan riset, tetapi juga sangat ditentukan oleh visibilitas akademik internasional dan reputasi riset yang kuat. Dalam konteks pemeringkatan QS World University Rankings dan Times Higher Education (THE), indikator-indikator seperti Academic Reputation, Research Output, International Faculty Ratio, dan Citations per Faculty memegang peranan penting.
Saat ini, meskipun ITB telah menunjukkan kemajuan yang cukup baik dalam publikasi ilmiah di jurnal bereputasi dan kolaborasi riset, level visibilitas dan pengakuan akademik di kancah internasional masih perlu ditingkatkan secara lebih agresif. Keterlibatan aktif dalam forumforum ilmiah global adalah salah satu strategi paling efektif untuk mempercepat pencapaian tujuan ini. Konferensi internasional tidak hanya menjadi ajang diseminasi hasil penelitian, tetapi juga sebagai platform strategis untuk membangun jaringan, menarik talenta internasional, dan menetapkan standar keunggulan dalam bidang ilmu tertentu.
Dengan demikian, untuk memperkuat posisi akademik di mata komunitas ilmiah global dan secara langsung berkontribusi pada peningkatan indikator WCU, ITB memandang program penyelenggaraan konferensi internasional secara berkala merupakan sebuah langkah strategis.
No | Dokumen | File |
1. | Panduan Proposal Organizing Internasional Conference Equity ITB 2025 | Download |
D.3.Employer Meeting
Dalam rangka mewujudkan visi ITB untuk menjadi universitas riset kelas dunia yang unggul dan inovatif, ITB secara konsisten berupaya meningkatkan posisinya dalam berbagai pemeringkatan universitas global, termasuk indikator-indikator yang relevan dengan World Class University (WCU). Salah satu indikator krusial dalam pemeringkatan global seperti QS World University Rankings dan Times Higher Education (THE) adalah Employer Reputation.
Reputasi pemberi kerja mencerminkan persepsi perusahaan dan organisasi di seluruh dunia terhadap kualitas lulusan, kesiapan kerja, dan relevansi kurikulum suatu perguruan tinggi. Skor yang tinggi pada indikator ini menunjukkan bahwa lulusan ITB diakui memiliki kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja, kemampuan beradaptasi, serta keterampilan softskills yang mumpuni.
Survei internal dan data pemeringkatan menunjukkan bahwa meskipun ITB sudah memiliki skor indikator Employer Reputation yang cukup baik, namun ITB tetap perlu melakukan upaya yang konsisten secara signifikan untuk mencapai target WCU yang telah ditetapkan. Program Employer Reputation Workshop dilaksanakan untuk menjaga kesesuaian persepsi eksternal dari para pemberi kerja terhadap kualitas nyata lulusan yang dihasilkan, serta menjaga komunikasi efektif dalam rangka menghasilkan lulusan ITB yang unggul dan sesuai dengan kebutuhan pihak industri. Peningkatan indikator Employer Reputation tidak hanya akan mendorong posisi ITB dalam pemeringkatan global, tetapi juga akan memperkuat branding ITB, menarik calon mahasiswa terbaik, dan membuka lebih banyak peluang kolaborasi dengan industri.
π Jadwal Penting Program Equity
pkl. 17.00 WIB
Aktivitas | 2025-2026 | |||||||||||||
Ags | Sep | Okt | Nov | Des | Jan | Feb | Mar | Apr | Mei | Jun | Jul | Ags | ||
I. | Sosialisasi Program Kepada F/S | |||||||||||||
II. | Pengumuman Penjaringan Proposal | |||||||||||||
III. | Seleksi Proposal | |||||||||||||
IV. | Pengumuman Pemenang | |||||||||||||
V. | Pelaksanaan Kegiatan | |||||||||||||
VI. | Monitoring dan Evaluasi | |||||||||||||
VII. | Pemasukan Laporan Kegiatan |