Enter your keyword

Instrumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 BAN-PT serta Data-data Pendukung

Mulai 1 April 2019, Institut Teknologi Bandung mengikuti Peraturan BAN PT no 2/2019 untuk menggunakan instrumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0. Peraturan ini telah mengalami beberapa perubahan sejak diumumkan,
dan versi terakhir pada Bulan Oktober 2019 adalah sebagai berikut:

  1. Lampiran 1 PerBAN-PT 5/2019 tentang IAPS: Naskah Akademik
  2. Lampiran 2 PerBAN PT 5/2019 tentang IAPS: Kriteria dan Prosedur
  3. Lampiran 3 PerBAN-PT 5/2019 tentang IAPS: Panduan Penyusunan LED
  4. Lampiran 4 PerBAN-PT 5/2019 tentang IAPS: Panduan Penyusunan LKPS
  5. Lampiran 5 PerBAN-PT 5/2019 tentang IAPS: Pedoman Penilaian
  6. Lampiran 6a PerBAN-PT 5/2019 tentang IAPS: Matriks Penilaian Program Sarjana
  7. Lampiran 6b PerBAN-PT 5/2019 tentang IAPS: Matriks Penilaian Program Magister
  8. Lampiran 6c PerBAN-PT 5/2019 tentang IAPS: Matriks Penilaian Program Doktor

Dokumen template LKPS dan LED Program Studi ITB dapat diunduh pada tautan berikut:

  1. Format Laporan Kinerja Program Studi, versi 17 Oktober 2019
  2. Format Laporan Evaluasi Diri, versi 17 Oktober 2019
  3. Format Lampiran Program Studi, versi 17 Oktober 2019
  4. Format Borang Data Kuantitatif (Isian LKPS) versi 17 Oktober 2019

Adapun Panduan Asesmen Lapangan Daring BAN-PT dapat diunduh pada tautan berikut:

  1. Panduan Asesmen Lapangan Daring BAN-PT Tahun 2020

 

Landasan Hukum, Dokumen Resmi dan Tautan Penting untuk LKPS dan LED Prodi ITB 2019

Kriteria
KRITERIA 1. Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi
KRITERIA 2. Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama
KRITERIA 3. Mahasiswa
KRITERIA 4. Sumber Daya Manusia
KRITERIA 5. Keuangan, Sarana, dan Prasarana
KRITERIA 6. Pendidikan
KRITERIA 7. Penelitian
KRITERIA 8. Pengabdian kepada Masyarakat
KRITERIA 9. Luaran dan Capaian Tridharma

KRITERIA 1. Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi

Kebijakan
1.1. PP 6/1959 Pendirian INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG
1.2. UU 12/2012 Pendidikan Tinggi
1.3. PP 65/2013 Statuta ITB
1.4. RENIP ITB Ringkasan
1.5. RENIP ITB 2006 – 2025
1.6. SK SA 9/2011 Visi Misi ITB
1.7. RENSTRA ITB 2011-2015
1.8. RENSTRA ITB 2016-2020

1.9. RENSTRA ITB 2021-2025
1.10. PP 155/2000 ITB PTNBH
1.11. Perpres 44/2012 ITB PTP
1.12. P MWA 1/2015 Kebijakan Umum ITB PTNBH
1.13. SK SA 10/2012 Harkat Pendidikan ITB
1.14. PP 66/2010 Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan

Dokumen Pelengkap
1.15. Undangan Temu Awal Semester Rektor ITB
1.16. Daftar Hadir RAPIM ITB 2017

Survei Kepuasan Pengguna
1.17. Survei Kepuasan Dosen ITB Bagian Tata Kelola
1.18. Survei Kepuasan Tenaga Kependidikan ITB Bagian Tata Kelola

Kembali ke Menu Kriteria

KRITERIA 2. Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama

Kebijakan
2.1. UU 12/2012 Pendidikan Tinggi
2.2. PP 65/2013 Statuta ITB
2.3. P MWA 1/2015 Kebijakan Umum ITB PTNBH
2.4. P R 270B/2014 Pedoman Penyusunan Organisasi dan Tata Kerja ITB PTNBH
2.5. P R 014/2020 Organisasi Institut Teknologi Bandung Perguruan Tinggu Negeri Badan Hukum
2.6. SK R 342/2015 Penetapan Tupokjab UKP ITB PTNBH
2.7. P MWA 8/2014 Kode Etik Dosen ITB
2.8. P MWA 5/2015 Kode Etik Mahasiswa ITB
2.9. P MWA 9/2014 Kode Etik Tenaga Kependidikan ITB
2.10. P R 266/2015 Peraturan Akademik ITB PTNBH
2.11. P R 265/2014 SPI ITB PTNBH
2.12. P R 264/2014 SPMI ITB PTNBH

Dokumen Pelengkap
2.13. RENIP ITB 2006 – 2025
2.14. Renstra ITB 2016-2020
2.15. SK R 497/2015 Prosedur Pemilihan Dekan ITB
2.16. Nama Unit, Tugas Pokok dan Fungsi ITB
2.17. Nama Fakultas/Sekolah dan Program Studi ITB
2.18. Nama Direktorat, Lembaga, Unit Pelaksana Teknis dan Pusat ITB
2.19. P R 270/2014 Pedoman Pengelolaan Keuangan ITB PTNBH
2.20. Rencana Kerja Anggaran 2022
2.21. Laporan Kinerja 2021
2.22. P R 260/2014 Peraturan Kepegawaian ITB PTNBH
2.23. PP 94/2021 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil
2.24. SOP Kepegawaian ITB
2.25. P R 2B/2017 Sistem Karir Tenaga Kependidikan ITB PTNBH
2.26. Charter Audit Internal ITB PTNBH
2.27. SOP Audit Internal ITB
2.28. Annual Audit Plan ITB
2.29. SK R 3A/2017 Tim Audit Internal ITB
2.30. P MWA 6/2014 Komite Audit ITB
2.31. Prosedur Penjaminan Mutu ITB 2015
2.32. Standar Mutu ITB 2015
2.33. Dokumen Visitasi Program Studi ITB 2015
2.34.  Instrumen Asesor Program Studi ITB 2015
2.35. Rekapitulasi Asesmen Program Studi ITB 2015
2.36. Daftar Nama Program Studi dan Status Akreditasi BAN-PT Agustus 2017

Survei Kepuasan Pengguna
2.37. Survei Kepuasan Dosen ITB Bagian Tata Kelola
2.38. Survei Kepuasan Tenaga Kependidikan ITB Bagian Tata Kelola

Kembali ke Menu Kriteria

KRITERIA 3. Mahasiswa

Kebijakan
3.1. UU 12/2012 Pendidikan Tinggi
3.2. PPRI 4/2014 Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi
3.3. PERMENRISTEK DIKTI 60/2018 Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Pada Perguruan Tinggi Negeri
3.4. SK R 1/2018 Jalur Penerimaan Mahasiswa ITB Baru 2018
3.5. SK R 71/2006 Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ITB
3.6. SK R 165/2016 BPP Mahasiswa ITB 2016/2017
3.7. SK Dirjen Dikti 197/2017 Calon Mahasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Daerah 3T 2017
3.8. SK R 93/2015 Ketentuan Umum dan Persyaratan Pembukaan Kelas Internasional ITB
3.9. P R 267/2015 Kemahasiswaan ITB PTNBH
3.10. P R 262/2014 Kebijakan Kealumnian ITB PTNBH

Dokumen Pelengkap
3.11. Sistem Seleksi SNMPTN dan SBMPTN 2017
3.12. Dirkeu 579/2016 Ketentuan Pembayaran Biaya Pendidikan ITB
3.13. Pencapaian Prestasi Mahasiswa ITB 2014-2016
3.14. SOP Pelaksanaan Rekrutmen melalui ITB Career Center
3.15. SOP Permohonan Bantuan Dana Kegiatan
3.16. SOP Proses Pencairan Dana Sponsorship
3.17. Buku ADART IAITB

Survei Kepuasan Pengguna
3.18. Survei Kepuasan Dosen ITB Bagian Pendidikan
3.19. Survei Kepuasan Mahasiswa ITB

Kembali ke Menu Kriteria

KRITERIA 4. Sumber Daya Manusia

Kebijakan
4.1. UU 12/2012 Pendidikan Tinggi
4.2. UU 5/2014 Aparatur Sipil Negara
4.3. PP 78/2013  Pengadaan Pegawai Negeri Sipil
4.4. PP 94/2021 Disiplin Pegawai Negeri Sipil
4.5. Permendikbud 84/2013 Pengangkatan Dosen tetap Non PNS pada PTN dan Dosen Tetap pada PTS
4.6. Permenristek Dikti 2/2016 Registrasi Pendidik Pada Perguruan Tinggi
4.7. PP 65/2013 Statuta ITB
4.8. SK SA 34/2003 Kebijakan Organisasi dan Manajemen Satuan Akademik ITB
4.9. Renstra ITB 2011-2015
4.10. Renstra ITB 2016-2020
4.11. P MWA 6/2015 Sistem Perencanaan ITB PTNBH
4.12. P MWA 8/2014 Kode Etik Dosen ITB
4.13. P MWA 9/2014 Kode Etik Tenaga Kependidikan ITB
4.14. P R 260/2014 Peraturan Kepegawaian ITB PTNBH
4.15. SK R 226/2005 Pembentukan Kelompok Keahlian/Keilmuan
4.16. SK R 201/2006 Keanggotaan Kelompok Keahlian/Keilmuan

Dokumen Pelengkap
4.17. SK R 141/2009 Kriteria dan Persyaratan Rekrutmen Dosen ITB BHMN
4.18. SK R 30/2016 Asisten Akademik
4.19. SK R 55/2011 Rambu-Rambu Perhitungan SKS atas Kegiatan Akademik dan Pengembangan Institusi
4.20. P R 26/2015 Mekanisme Rekrutmen Pegawai Kontrak dan Pendelegasian Wewenang menandatangani SPKWT
4.21. SE WRSO 1280/2015 PKWT
4.22. SK SA 10/2014 Program Kerja Komisi Sumber Daya Insani
4.23. SK R 253/2008 Penghargaan ITB
4.24. SK R 136/2007 Jenis, Kriteria dan Prosedur Pemberian Penghargaan Anugerah ITB
4.25. P SA 9/2017 Kriteria dan Persyaratan Pemberian Penghargaan Istimewa Guru Besar Emeritus

Survei Kepuasan Pengguna
4.26. Survei Kepuasan Dosen ITB Bagian Sumber Daya dan Layanan Kesejahteraan
4.27.  Survei Kepuasan Tenaga Kependidikan ITB Bagian Sumber Daya dan Layanan Kesejahteraan

Kembali ke Menu Kriteria

KRITERIA 5. Keuangan, Sarana, dan Prasarana

Kebijakan
5.1. P MWA 2/2015 Pengelolaan Kekayaan ITB
5.2. P MWA 6/2014 Komite Audit ITB
5.3. P R 270/2014 Pengelolaan Keuangan ITB
5.4. Pedoman Akuntansi Keuangan ITB
5.5. Renstra ITB 2016-2020
5.6. P R 265/2014 SPI ITB PTNBH
5.7. SK R 268/2014 BPUDL ITB

Dokumen Pendukung
5.8. Presentasi Sistem Perencanaan ITB
5.9. Laporan Kinerja dan Keuangan ITB 2014
5.10. Laporan Kinerja dan Keuangan ITB 2015
5.11. Laporan Kinerja dan Keuangan ITB 2016
5.12. Laporan Kinerja dan Keuangan ITB 2018
5.13. Manual Sistem Pengendalian Internal ITB
5.14. Laporan Auditor Independen untuk ITB 2014, 2015, dan 2016
5.15. SK R 165/2016 BPP Mahasiswa ITB 2016/2017
5.16. SK R 693/2016 BPP PPA 2016/2017
5.17. SK R 031/2015 Iuran Wisudawan untuk Dana Lestari ITB
5.18. SK R 340B/2015 Penetapan Beasiswa Berupa Pembebasan Biaya UKT Bagi Mahasiswa Bidik Misi 2015
5.19. SK R 348/2016 Penetapan Beasiswa Berupa Pembebasan Biaya UKT Bagi Mahasiswa Bidik Misi 2015
5.20. SK R 12B/2016 Pengurangan Biaya UKT bagi Mahasiswa NON SBM 2016
5.21. SK R 37/2017 Pengurangan Biaya UKT bagi Mahasiswa NON SBM 2017
5.22. SK R 028/2017 Pembebasan Biaya Konfirmasi dan Pembebasan BPP Magister Manajemen
5.23. Kerangka Acuan Kerja Rencana Strategis Sarana dan Prasarana ITB 2015-2019
5.24. Dokumen Masterplan Sarana dan Prasarana Renstra ITB 2015-2019
5.25. Dokumen Usulan Kegiatan Sarana dan Prasarana ITB Tahun 2017
5.26. P R 189/2018 Sistem Pengelolaan, Prosedur Pendayagunaan, Sistem Akuntansi, dan Pelaporan Sarana dan Prasarana Institut Teknologi Bandung PTNBH
5.27. SOP Direktorat Sarana dan Prasarana
5.28. SOP Perbaikan Berkelanjutan Direktorat Sarana dan Prasarana
5.29. SK R 347/2016 Pengangkatan Koordinator K3G Fakultas / Sekolah ITB
5.30.  Knowledge Center UPT Perpustakaan ITB
5.31. Digital Library ITB
5.32. Fasilitas Perpustakaan Pusat ITB
5.33. American Corner ITB
5.35. SNI Corner ITB
5.34. Saraga ITB
5.35. Laporan Tahunan Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi ITB Tahun 2015
5.36. UPT Pusat Bahasa ITB
5.37. E-Learning ITB
5.38. SK R952/2016 Roadmap Sentralisasi Sistem Informasi ITB
5.39. Data dan Scan/Fotokopi Sertifikat Kepemilikan Tanah

Data dan Survei Kepuasan Pengguna
5.40. Survei Kepuasan Dosen ITB Bagian Sumber Daya
5.41. Survei Kepuasan Tenaga Kependidikan ITB Bagian Sumber Daya
5.42. Data Penggunaan Dana Operasional ITB

Kembali ke Menu Kriteria

KRITERIA 6. Pendidikan

Kebijakan
6.1. PP 65/2013 Statuta ITB6.2. SK SA 9/2011 Visi Misi ITB
6.3. SK SA 10/2012 Harkat Pendidikan ITB
6.4. SK SA 11/2012 Pedoman Kurikulum 2013-2018 ITB
6.5. SK SA 01/2019 Mekanisme Perubahan Kurikulum Institut Teknologi Bandung
6.6. SK R 083/2019 Pedoman Penyusunan Kurikulum Institut Teknologi Bandung
6.7. P SA 16/2016 Mekanisme Perubahan Kurikulum ITB
6.8. SK R 81/2013 Pedoman Penyelenggaraan Jalur Cepat Sarjana – Magister ITB
6.9. P R 266/2015 Peraturan Akademik ITB PTNBH

 

Dokumen Pelengkap
6.10. SOP Evaluasi Pelaksanaan Perkuliahan 2014
6.11. SOP Pengelolaan Data dan Evaluasi Status Mahasiswa Kasus Batas Waktu Studi 2014
6.12. Kuesioner Akhir Semester ITB
6.13. Kuesioner Wisuda ITB
6.14. P R 213/2015 Tata Kelola Kegiatan Penelitian
6.15. P R 5/2017 Tata Kelola Kegiatan PPM ITB PTNBH
6.16. P MWA 7/2014 Kode Etik ITB 2014
6.17. P MWA 8/2014 Kode Etik Dosen ITB
6.18. P MWA 5/2015 Kode Etik Mahasiswa ITB
6.19. Tindakan terhadap Pelanggaran Kode etik Mahasiswa
6.20. P MWA 1/2015 Kebijakan Umum ITB PTNBH

Survei Kepuasan Pengguna
6.21. Survei Kepuasan Dosen ITB Bagian Pendidikan
6.22. Survei Kepuasan Mahasiswa ITB

Kembali ke Menu Kriteria

KRITERIA 7. Penelitian
7.1. PP 65/2013 Statuta ITB
7.2. SK SA 1/2009 ITB Sebagai Universitas Riset
7.3. SK R 226/2005 Pembentukan Kelompok Keahlian/Keilmuan
7.4. SK SA 01/2019 Norma dan Kebijakan Program Penelitian Institusional
7.5. P R 213/2015 Tata Kelola Kegiatan Penelitian
7.6. SK SA 20/2010 Fokus Riset ITB
7.7. SK SA 15/2004 Kebijakan Riset ITB
7.8. Rencana Induk Penelitian ITB 2016-2020
7.9. Panduan Pengajuan Proposal Program Riset dan Inovasi ITB
7.10. Format Laporan Kemajuan Riset ITB
7.11. Format Laporan Akhir Riset ITB
7.12. SK R 24/2011 Kode Etik Riset ITB

Survei Kepuasan Pengguna
7.13. Survei Kepuasan Dosen ITB Bagian Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
7.14. Survei Kepuasan Mahasiswa ITB

Kembali ke Menu Kriteria

KRITERIA 8. Pengabdian kepada Masyarakat
8.1. SK SA 12_2015 NORMA DAN KEBIJAKAN PENELITIAN ITB
8.2. P R 259/2014 Pedoman Pengelolaan Kerjasama Mitra ITB
8.3. Renstra Pengabdian kepada Masyarakat ITB
8.4. SK R 54/2011 Perubahan Nama Pusat Penelitian, Pemberhentian dan Pengangkatan Para Ketua Pusat Penelitian ITB
8.5. SK R 268/2014 BPUDL ITB
8.6. P R 267/2014 Bentuk dan Tata Kelola Unit Usaha ITB PTNBH

Survei Kepuasan Pengguna
8.7.  Survei Kepuasan Dosen ITB Bagian Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
8.8. Survei Kepuasan Mahasiswa ITB

 

KRITERIA 9. Luaran dan Capaian Tridharma

Survei Kepuasan Pengguna
9.9. Survei Kepuasan Dosen ITB Bagian Pendidikan
9.10. Survei Kepuasan Mahasiswa ITB
9.11. Hasil Tracer Study ITB
9.12. Hasil Survei Pengguna Lulusan ITB

Kembali ke Menu Kriteria

Dokumen Cadangan
2.5. Dies Natalis ITB 2017
2.6. Wisuda April ITB 2017
2.7. Buku Wisuda April ITB 2017
2.18. Tindakan terhadap Pelanggaran Kode Etik Mahasiswa
2.31. Jadwal Pelatihan PMO ITB
1.11. Laporan MWA ITB
1.12. Renstra FTSL 2016-2020
1.13. Laporan Kinerja dan Keuangan ITB 2016
3.7. UU 11/2014 Keinsinyuran
3.8. PERMENRISTEKDIKTI 35/2016 Penyelenggaraan PSPPI
3.9. Perintah kepada ITB untuk Menyelenggarakan PSPPI
3.10. SK Dirjen Dikti 1462/2016 Panduan Penyelenggaraan PSPPI
3.11. P SA 17a/2016 Penyelenggaraan PSPPI di ITB
3.12. SK R 291/2016 Penyelenggaraan PSPPI ITB
4.19. SK SA 14/2012 Amandemen SK SA 34/2003
4.20. P R 2B/2017 Sistem Karir Tenaga Kependidikan ITB PTNBH
4.21.  SK SA 41/2002 Pedoman Penilaian Kegiatan Dosen dalam Angka Kredit untuk Kenaikan Jabatan Fungsional dan atau Pangkat PNS ITB
4.22.  P SA 15/2015 Proses Penilaian dan Persetujuan Usulan Kenaikan Jabatan Dosen pada Jabatan Lektor Kepala dan Profesor
4.23.  Pedoman Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi
4.24.  Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Pangkat/Jabatan Akademik Dosen
4.25. PP 37/2009 Dosen
4.26. P R 16/2015 Standar Biaya Sumber Dana Bukan PNBP ITB PTNBH
4.27.  SK R 1a/2013 Insentif Kinerja Pegawai Non Dosen ITB 2013
4.29. PP 08/2020 Bentuk dan Mekanisme Pendanaan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum
4.30. Permenristekdikti 20/2017 Pemberian Tunjangan Profesi Dosen dan Tunjangan Kehormatan Profesor

Dokumen Akreditasi Institusi ITB 2017

  1. Borang Institusi ITB 2017 Buku 3 : Borang Akreditasi
  2. Borang Institusi ITB 2017 Buku 4 : Evaluasi Diri
  3. Lampiran Borang Insititusi ITB 2017